PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR JENIS AUDIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | EDO SUHARIYANTO , 1313033031 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64470/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64470/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64470/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64470/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan hal penting dalam kehidupan. Pendidikan membantu manusia dapat mencapai cita-cita yang diinginkan. Pendidikan mutlak harus diberikan kepada setiap manusia. Pendidikan sebagai sebuah aktivitas tidak lepas dari fungsi dan tujuan. Pendidikan juga dapat membuat bangsa kita menjadi lebih maju karena ada kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan manusia baik dari pengetahuan atau kemampuan lain yang tidak bisa didapat dari pendidikan. Untuk mencapai itu semua dibutuhkan penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran, sehingga tujuan dalam pembelajaran dapat tercapai. Salah satu media pembelajaran yang berhasil dikembangkan untuk memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa seperti Penggunaan Media Belajar Jenis Audio. Rumusan masalah dalam penelitianini adalah “Apakah ada Pengaruh yang Positif dan Signifikan Penggunaan Media Belajar Jenis Audio Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 17 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020.” Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan tentang Penggunaan Media Belajar Jenis Audio Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 17 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII di SMP Negeri 17 Bandar Lampung pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel dipilih secara Random menggunakan teknik Random. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan dilakukan ujianalisis data dengan rumus Theta. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus Theta dapat ditarik kesimpulan bahwa “Ada pengaruh positif dan signifikan yang cukup berarti atau sedang yaitu 0,41 dari penggunaan media belajar jenis audio terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMP N 17 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020. Kata Kunci: Pengaruh, Model, Audio, Motivasi Belajar