PENGARUH KEGIATAN OSIS TERHADAP PEMBENTUKAN PARSIPATORY SKILL PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

Main Author: LIA MUSFIROH , 1613032040
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64445/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64445/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64445/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64445/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah terhadap pembentukan partisipatory skills peserta didik di SMP Negeri 6 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif atau signifikan antara kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah terhadap pembentukan partisipatory skills peserta didik dengan kategori keeratan sedang. Oleh karena itu peserta didik harus aktif dalam setiap kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah yang memberikan pengalaman untuk menumbuhkan keterampilan partisipasi (partisipatory skills) seperti kemampuan berinteraksi, kemampuan memonitoring dan kemampuan mempengaruhi dalam dirinya. Kata kunci : Kegiatan OSIS, partisipatory skills, peserta didik The purpose of this study was to determine and analyze the effect of Student Council activities on the formation of participatory skills of students in Junior High School 6 Bandar Lampung. The method used in the research used in this study is the correlational description. The sample in this study were 61 respondents. Data collection techniques using a questionnaire and data analysis using Chi Square. Based on the results of research that has been done, it is known that there is a positive or significant effect between the Student Council activities on the formation of participatory skills of students with moderate closeness categories. Therefore students must be active in every Intra School Student Organization activity that provides experience to foster participatory skills such as the ability to interact, the ability to monitor and the ability to influence in themselves. Keywords: Student Council activities, participatory skills, the student