PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI OPTIK GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN PROBLEM SOLVING SKILLS SISWA SMA

Main Author: AGITHA PRICILIA, 1823022003
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64350/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64350/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64350/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64350/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif dengan pendekatan flipped classroom terintegrasi STEM pada materi optik geometri untuk meningkatkan problem solving skills peserta didik SMA yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa lembar validasi ahli untuk mengetahui kevalidan e-modul interaktif yang dikembangkan, angket respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan e-modul interaktif yang dikembangkan dan soal tes kemampuan pemecahan masalah pada e-modul interaktif untuk mengetahui keefektifan e-modul interaktif yang dikembangkan. Tim validator melakukan validasi terhadap e-modul interaktif yang dikembangkan, validasi angket respon pendidik dan peserta didik untuk mengetahui kepraktisan, kemudian keefektifan e-modul interaktif yangdikembangkan dianalisis menggunakan one sample T Test. Hasil validasi menunjukan emodul interaktif terintegrasi STEM pada materi pemantulan dan pembiasan cahaya dinyatakan valid dengan persentase validasi isi 82% dan validasi konstruk 83%. Hasil uji kepraktisan e-modul interaktif terintegrasi STEM pada materi pemantulan dan pembiasan cahaya dinyatakan praktis dengan persentase 84%. Kemudian hasil uji one sample T Test menunjukan 0,022 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa e-modul interaktif berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah. Sehingga e-modul interaktif terintegrasi STEM yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata kunci : E-Modul Interaktif, Flipped Classroom, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pemantulan dan Pembiasan Cahaya, STEM. This study aimed to develop a STEM-integrated interactive e-module with flipped classroom approach on optical geometry which is valid, practical, and effective to improve problem solving skills of high school students. This study used ADDIE development model. The instrument used was a non-test instrument in the form of expert validation questionnaires to determine the validity of interactive e-modules, student questionnaires to find out the practicality of interactive e-modules, and problem-solving tests contained in interactive e-modules to find out the effectiveness of e-modules interactive. The validation team tests the validity of the interactive e-module, the teacher and student response questionnaire aimed at knowing the practicality of the e-module, and the effectiveness of the interactive e-module is analyzed using one sample T-test. The validation results show that the STEM-integrated interactive e-module on reflection and refraction of light material is declared valid with content validation percentage of 82% and construct validation of 83%. The practicality test results from the interactive STEM integrated e-module on the material reflecting and refracting light state that this e-module is practical to use with a percentage of 84%. Then, the results of one sample T-test show the results of 0.022 <0.05. This shows that the interactive e-module affects the ability of problem solving. Thus, the STEM-integrated interactive e-module developed is declared valid, practical, and effective to be used to improve students‟ problem-solving skills. Keywords: Flipped Classroom, Interactive E-module, Problem Solving Skills, Reflection and Refraction of Light