PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS VII SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG

Main Author: PILYADI, 1613024007
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64289/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64289/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64289/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64289/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh model PBL terhadap keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain pretes-postes kelompok non ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII b dan VII c SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa deskripsi keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik yang diperoleh dari hasil observasi keterampilan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi peserta didik kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Rata- rata skor kolaborasi kelompok eksperimen sebesar 71,38 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 59,72. Selain itu, keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Rata-rata N-gain pada kelompok eksperimen sebesar 0.57 sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 0.36. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi dan berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci: Berpikir tingkat tinggi, Kolaborasi, Problem Based Learning