PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS ELEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 13 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK EKOSISTEM
Main Author: | DESI PURWANTI, 1613024019 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64274/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64274/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64274/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64274/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model guided discovery learning berbasis e-learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMAN 13 Bandar Lampung pada materi “Ekosistem”. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen menggunakan pretes-postes dan angket persepsi terhadap pembelajaran. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS Versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model guided discovery learning berbasis e-learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem. Kata kunci : guided discovery learning, e-learning, berpikir kritis, ekosistem