PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS ELEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 13 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI POKOK EKOSISTEM

Main Author: DESI PURWANTI, 1613024019
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64274/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64274/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64274/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64274/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model guided discovery learning berbasis e-learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMAN 13 Bandar Lampung pada materi “Ekosistem”. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen menggunakan pretes-postes dan angket persepsi terhadap pembelajaran. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS Versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model guided discovery learning berbasis e-learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem. Kata kunci : guided discovery learning, e-learning, berpikir kritis, ekosistem