PENGARUH KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pringsewu Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)

Main Author: AFIFA THURIFQOH, 1613021047
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KIP , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64272/1/1._ABSTRAK%5B1%5D.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64272/2/2._SKRIPSI_FULL%5B1%5D.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64272/3/2._SKRIPSI_FULL_TANPA_BAB_PEMBAHASAN%5B1%5D.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64272/
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam lima kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII 4 sebanyak 32 siswa yang dipilih dengan melalui pengundian dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah desain penelitian kausal komparatif. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan penalaran matematis dan data ulangan tengah semester siswa yang merupakan data sekunder. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan awal matematika siswa memiliki pengaruh yang positif terhadap kemampuan penalaran matematis siswa artinya semakin tinggi kemampuan awal matematika siswa maka kemampuan penalaran matematis siswa juga semakin tinggi.