Pengaruh Pendekatan Open Ended Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas IV SDN 8 Metro Timur

Main Author: Santi Amanda, 1613053068
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64265/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64265/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64265/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64265/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN 8 Metro Timur. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan dari pendekatan open ended pelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN 8 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi esperiment desain bentuk desain non equivalent control group desain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan tes. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh dan perbedaan yang positif dan signifikan dari pendekatan open ended mata pelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir krearif peserta didik kelas IV SDN 8 Metro Timur. The problem of this study was the low creative thinking ability of grade IV SDN 8 Metro Timur students. The purpose of this study was to determine the positive and significant influence of the open ended approach to mathematics to improve students' creative thinking skills in class IV SDN 8 Metro Timur. This type of research is an experimental study using a quasi-experimental design method for nonequivalent control group design. The data collection technique was carried out using non-test and test techniques. Data analysis uses a simple regression test and t test. The results showed that there was a positive and significant influence and differences of the Open ended approach to mathematics learning to improve capability creative thinking of class IV students SDN 8 Metro Timur.