EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA

Main Author: TRI FIRMA YUSTIANINGSIH, 1613021027
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64237/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64237/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64237/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64237/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran reciprocal teaching ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII D yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir reflektif matematis adalah pretest-posttest control group design, sedangkan desain penelitian yang digunakan untuk mengukur self confidence adalah the randomized posttest-only control group design. Dengan menggunakan uji-t dan uji proporsi, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Reciprocal teaching efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis tetapi tidak efektif ditinjau dari self confidence siswa. Kata kunci: reciprocal teaching, efektivitas, berpikir reflektif matematis,self confidence