EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PQ4R DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA
Main Author: | INTAN PERMATASARI, 1653021011 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64235/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64235/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64235/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64235/ |
Daftar Isi:
- Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran PQ4R ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif dan self-concept siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Melalui teknik tersebut, terpilihlah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan metode pembelajaran PQ4R dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang terdiri dari skor pretest, skor posttest dan skor peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik tes berbentuk uraian pada kemampuan berpikir reflektif matematis dan teknik nontes berbentuk angket skala pada self-concept siswa. Dengan menggunakan uji proporsi dan uji-t, diperoleh bahwa persentase siswa pada kelas PQ4R dengan kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept terkategori baik lebih dari 60% dari jumlah siswa, namum peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa yang mengikuti pembelajaran PQ4R tidak lebih tinggi daripada peningkatan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran PQ4R tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Self-Concept, Metode Pembelajaran PQ4R