PROSES DISTORSI GERAK TARI SIGEH PENGUTEN UNTUK ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH METRO
Main Author: | ALDILA GHINA SALSABILA, 1513043016 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64234/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64234/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64234/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64234/ |
Daftar Isi:
- Distorsi gerak sangat perlu dilakukan melihat kemampuan siswa yang belum mampu memahami gerak tari Sigeh Penguten. Hal ini bertujuan untuk menyederhanakan gerak agar siswa bisa menghafal dan menggerakan tari SIgeh Penguten. Salah satu sekolah yang melakukan distorsi gerak tari Sigeh Penguten yaitu TK aisyiyah Metro. Kegiatan pembelajaran distorsi gerak tari Sigeh Penguten ini berlandaskan dengan teori Behaviorisme. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif yang akan menggambarkan dan menjelaskan masalah yang diteliti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses distorsi gerak tari Sigeh Penguten untuk anak usia dini di TK Aisyiyah Metro, dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses distorsi gerak tari Sigeh Penguten untuk anak usia dini di TK Aisyiyah Metro. Data yang diperoleh dari sumber data primer dan sekunder dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan proses distorsi gerak tari Sigeh Penguten untuk anak usia dini di TK Aisyiyah Metro yaitu dengan melihat kemampuan siswa lalu mendistorsi gerak dengan cara menyederhanakan gerak yang sulit sehingga menjadi gerak yang mudah sehingga siswa dapat bergerak dengan baik. Kata kunci: Distorsi Gerak, Tari Sigeh Penguten