HUBUNGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Author: NOVITA SARI, 1613053029
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64230/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64230/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64230/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64230/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Al Kautsar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara Gerakan Literasi Sekolah dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Al Kautsar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Al Kautsar yang berjumlah 301 peserta didik dan sampel sebanyak 70 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara Gerakan Literasi Sekolah dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Al Kautsar. Kata kunci: gerakan literasi sekolah, keterampilan berpikir kritis