PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN INTERPERSONAL DAN KERJA SAMA KELOMPOK PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Main Author: SRI WAHYUNI, 1613053040
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64209/1/1.%20ABSTRAK-ABSCTRACT.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64209/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64209/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64209/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan interpersonal dan kerja sama kelompok peserta didik kelas V di SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung masih tergolong rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran jigsaw terhadap keterampilan interpersonal dan kerja sama kelompok peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pre-eksperimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 69 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik nonprobability sampling, sampel berjumlah 35 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik non-test. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh penerapan model jigsaw terhadap keterampilan interpersonal dan kerja sama kelompok peserta didik Kata Kunci : cooperative, kerja sama kelompok, keterampilan interpersonal, model jigsaw