STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERIPIK FISH SKIN RUMAH RAFIN’S DI PRINGSEWU (Studi Kasus UMKM Rafin’s Snack di Pajarisuk, Pringsewu)
Main Author: | DESTI FAUZIAH, 1414051023 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS PERTANIAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64198/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64198/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64198/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64198/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan dan menentukan prioritas serta alternatif strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan penyebaran kuesioner. Resonden yang digunakan adalah General Manager, dan Manager Pemasaran. instansi pendidikan (Dosen), Dinas Perikanan dan kelautan, serta Dinas Perindustrian dan perdagangan. Data dianalisis menggunakan matriks dari Internal Factor Evaluation (IFE), Eksternal Factor Evaluation (EFE), Internal-Eksternal (IE), SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan faktor internal yang mempengaruhi usaha keripik Fish Skin dari Rumah Rafin’s adalah keunggulan mutu keripik dalam hal rasa, keunggulan mutu keripik dalam hal penampilan, dan keunggulan mutu keripik dalam hal aroma. Kelemahan yang dimiliki oleh usaha Rumah Rafin’s kegiatan promosi yang dilakukan belum. Peluang faktor lingkungan eksternal adalah kerjasama dengan agen distributor. Sedangkan ancaman beredar produk sejenis dari pesaing. Urutan prioritas alternatif strategi pemasaran berdasarkan matriks QSPM adalah : meningkatkan kegiatan promosi lebih maksimal (STAS :8,217), melakukan pengembangan produk baru (STAS : 8,055), memperluas jangkaun pemasaran (STAS : 8,044), Meningkatkan SDM para pekerja melalui pelatihan (STAS : 7,878). Kata Kunci : Fish Skin Rumah Rafin’s, Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM ABSTRACT This study aims to identify factors of the company's internal and external environment and determine priorities and alternative marketing strategies. This study uses interviews and questionnaires. Resondents used are General Manager and Marketing Manager. educational institutions (lecturers), Fisheries and Maritime Services, and Industry and Trade Services. Data were analyzed using a matrix of Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE), Internal-External (IE), SWOT and QSPM. The results showed that the strength of internal factors affecting the business of Fish Skin chips from Rafin’s House was the superior quality of chips in terms of taste, superior quality of chips in terms of appearance, and superior quality of chips in terms of aroma. Weaknesses that are owned by Rafin House's promotional activities carried out yet. The opportunity for external environmental factors is collaboration with distributor agents. While the threat of circulating similar products from competitors. The priority order of alternative marketing strategies based on the QSPM matrix is: increasing promotional activities more leverage (STAS: 8,217), developing new products (STAS: 8,055), expanding the marketing range (STAS: 8,044), increasing the human resources of workers through training (STAS: 7,878). Keywords: Fish Skin Rumah Rafin’s, Marketing Strategy, SWOT, QSPM