PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM TERINTEGRASI STEM PADA MATERI OPTIKA FISIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Main Author: RENI DWI PUSPITASARI , 1823022002
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64197/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64197/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64197/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64197/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk mengembangkan e-modul dengan pendekatan flipped classroom terintegrasi STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi optika fisis yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah instrumen non tes berupa lembar validasi ahli untuk mengetahui kevalidan e-modul yang dikembangkan, angket respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan e-modul yang dikembangkan dan tes berupa soal keterampilan berpikir kritis untuk mengetahui keefektifan e-modul yang dikembangkan. Tim validator melakukan validasi terhadap e-modul yang dikembangkan, validasi angket respon peserta didik. Untuk mengetahui kepraktisan e-modul yang dikembangkan. Hasil validasi menunjukkan e-modul dinyatakan valid dengan persentase validasi materi 86% dan konstruk 76%. E-modul diimplementasikan dengan pendekatan flipped classroom dinyatakan praktis ditinjau dari respon peserta didik setelah penggunaan e-modul dengan persentase sebesar 81%. E-modul hasil pengembangan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan indikator menganalisis, mengevaluasi dan mencipta yang ditunjukan dengan pencapain rata-rata hasil tes 71,80 > KKM pada taraf krpercayaan 95%. Kata kunci : E-modul, Science Technologi Engineering Mathematics This research is a research development to develop e-modules with STEM integrated flipped classroom approaches to enhance critical thinking skills on valid, practical and effective in the topic physical optics. This study used development ADDIE model. The instrument used was a non-test instrument in the form of an expert validation sheet to find out the validity of the e-modules that were developed, the questionnaire responses of students to find out the practicality of the e-modules developed and tests in the form of critical thinking skills questions to find out the effectiveness of the e-modules developed. The validator team validates the e-modules that are developed, validating students' questionnaire responses. To find out the practicality of e-modules developed. Validation results indicates the e-module is valid with a percentage of content validation 86% and construct 76%. E-modules are implemented with flipped classroom approach is declared practical in terms of response students after the use of e-modules with a percentage of 81%. E-module of the results of the development is effective for improving critical thinking skills with indicators of analyzing, evaluating and creating which are shown by achieving an average of 71.80 test results> KKM at 95% confidence level. Keywords: E-modules, Science Technology Engineering Mathematics