PERAN GURU PENDAMPING DALAM MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN

Main Author: FRIMA MULIA FEBRYANA, 1513054041
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64181/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64181/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64181/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64181/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru pendamping dalam memahami tugasnya, agar proses pembelajaran dikelas berjalan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman guru pendamping dalam memahami tugas pokoknya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling , berjumlah 31 guru pendamping yang berada di Kecamatan Rajabasa.Hasil penelitian menunjukkan peran guru pendamping berada pada kategori sangat baik (90%) hal itu menunjukkan bahwa guru pendamping memahami tentang proses pembelajaran seperti adanya perencanaan kegiatan pembelajaran, melakukan proses pembelajaran, dan melakukan penilaian pada anak. Kata kunci: anak usia dini, guru pendamping, proses pembelajaran This research is motivatid by the importance of the role assistant teacher in understanding their assigments, so that the learning process in the class works well. The purpose of this study is to determine the level of understanding of assistant teacher in understanding the main assigment. The research method used descriptive quantitative. In collecting the data used quastionnaire. The sampling technique used simple random sampling, consisted of 31 assistant teacher who was in distrinct of rajabasa. The results of the research showed that the assistant teacher understanding was very good category (90%). In showed that teacher’s assistant understanding about the learning process such as planning learning activities conducting the learning process, and doing an assisment of children. Keywords: early childhood, learning process, shadow teacher