HUBUNGAN KEMANDIRIAN DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 6 METRO BARAT
Main Author: | GOGOT FITRIANTO , 1613053034 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64174/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64174/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64174/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64174/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dan motivasi dengan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat. Jenis penelitian yaitu ex-postfacto korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 91 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 91 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode observasi, kuesioner (angket), dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan Bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dan motivasi belajar dengan hasil belajar tematik kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat dengan nilai korelasi sebesar 0,566 dengan kontribusi 30,91%. Kata kunci: hasil belajar, kemandirian, motivasi. The problem with this research is the low learning thematic learning outcomes of students,. The purpose of this study was to determine a positive and significant relationship between the independence of learning motivation with learning outcomes of students in class IV SD Countrri 6 Metro Barat. This type of research is ex-post facto correlation. The population of this study was 91 students and the study sample was 91 students. Data collection techniques used were observation, questionnaire (questionnaire), and documentation study. Data collection instruments in the form of a questionnaire with a Likert scale. Analysis of the data used is the product moment correlation and multiple correlation. Based on the analysis of the results of the study it can be concluded that there is a positive and significant relationship between independence and learning motivation with thematic learning outcomes of class IV SD Negeri 6 Metro Barat with a correlation value of 0.566 with a contribution of 30.91%. Keywords: independence, learning outcomes, motivation.