PENGEMBANGAN LKPD DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK UNTUK KELAS XI DI SMA
Main Author: | TIARA ID’HA SALIM, 1653041004 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64150/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64150/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64150/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64150/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada pembelajaran teks cerpen di sekolah menengah atas (SMA) dan kelayakan sebagai bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada pembelajaran menganalisis dan mengkonstruksi teks cerpen pada peserta didik kelas XI di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan research and development (R&D). Prosedur pengembangan dilakukan berdasarkan teori Borg and Gall yang disederhanakan menjadi enam tahap yaitu pengumpulan informasi, perencanaan produk, pelaksanaan (pengembangan produk), tahap uji, revisi produk, dan produk akhir. Indikator kompetensi yang ingin dicapai menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerpen. Mengkonstruksi sebuah cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerita pendek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, angket pendidik, dan angket ahli materi. Hasil penelitian ini berupa LKPD Menganalisis dan Mengkonsturksi Unsur-Unsur Cerpen yang secara umum mampu memenuhi kebutuhan LKPD dalam pembelajaran menganalisis unsur-unsur dari teks cerpen untuk peserta didik kelas XI di SMA. Model yang digunakan dalam LKPD menggunakan model pembelajaran discovery leraning pada KD 3.9 dan project based learning pada KD 4.9. LKPD tersebut memuat materi mengenai teks cerpen, unsur-unsur, contoh-contoh, langkah-langkah kegiatan, tugas individu, tugas kelompok dan lembar jawaban bagi peserta didik untuk mengerjakan tugas pada LKPD. Lembar kerja peserta didik (LKPD) diujikan melalui pengisian angket kelayakan oleh dosen FKIP Universitas Lampung sebagai uji ahli materi, dan pendidik Bahasa Indonesia SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung sebagai uji praktisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada pembelajaran teks cerpen untuk kelas XI sekolah menengah atas (SMA) sudah sesuai dengan menunjukan hasil penilaian ahli materi dengan persentase 74,2% kategori layak sedangkan penilaian praktisi atau pendidik Bahasa Indonesia dengan persentase 88,23% kategori sangat layak. Kata kunci: pengembangan, LKPD, teks cerpen