EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | EVI MARIANA PARDEDE, 1613021032 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64134/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64134/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64134/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64134/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 314 siswa yang terdistribusi ke dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-8 dan VII-9 yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan penilaian menggunakan teknik tes yang berbentuk soal uraian. Berdasarkan analisis data yaitu uji Mann Whitney U dan uji proporsi dengan taraf signifikan α = 0,05 bahwa model problem based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Namun peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran problem based learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata kunci: Efektivitas, Komunikasi Matematis, Problem Based Learning