PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI INOVASI PRODUK : (Studi pada Kedai Kopi Mitra Gojek di Bandar Lampung)

Main Author: ARI TRISTIANTO, 1621011033
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64129/1/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64129/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64129/3/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64129/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan dengan inovasi produk sebagai mediator. Responden dari penelitian ini merupakan owner atau manager kedai kopi mitra gojek di Bandar Lampung yang mempunyai kapabilitas sebagai pengambil keputusan. Sebanyak 126 kuisioner yang disebarkan dan total kuisioner yang diterima kembali sebanyak 115 kuisioner dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling dengan bantuan program Amos. Berdasarkan hasil analisis dalam penlitian ini, diperoleh hasil bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kienrja pemasaran. Orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pemasaran. Inovasi produk dapat mepengaruhi hubungan antara orientasi pasar dan kinerja pemasaran secara tidak langsung. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan hasil bahwa pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja perusahaan menjadi lebih positif dan signifikan dengan inovasi produk sebagai mediator. Kata kunci : orientasi pasar, inovasi produk, kinerja perusahaan, structural quation modeling abstract This research aims to examine the effect of market orientation on company performance with product innovation as a mediator. The respondents of this study are the owner or manager of the Gojek partner coffee shop in Bandar Lampung who has the capability as a decision-maker. A total of 126 questionnaires were distributed and a total of 115 questionnaires were received back and then analyzed using Structural Equation Modeling analysis techniques with the help of the Amos program. Based on the results of the analysis in this study, it was found that market orientation had a positive and significant effect on product innovation. Product innovation has a positive and significant effect on marketing performance. Market orientation affects the performance of marketing. Product innovation can affect the relationship between market orientation and marketing performance indirectly. The results of this study generally show the results that the influence of market orientation on company performance becomes more positive and significant with product innovation as a mediator. Keywords: market orientation, product innovation, company performance, structural equation modeling