PENGEMBANGAN SKENARIO PEMBELAJARAN CERPEN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMA KELAS XI

Main Author: ALMA SAVIRA, 1613041024
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMPU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64060/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64060/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64060/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64060/
Daftar Isi:
  • Pengembangan skenario pembelajaran dalam penelitian ini perlu dilakukan sebagai suatu upaya pendidik dalam memaksimalkan proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan skenario pembelajaran cerita pendek menggunakan model discovery learning di SMA untuk siswa kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang disederhanakan menjadi empat tahapan utama, yaitu pengumpulan informasi, desain produk, validitas desain, dan revisi produk. Tahap pengumpulan informasi bentuk kegiatan berupa studi pendahuluan dan pengumpulan data. Tahap desain produk bentuk kegiatan berupa merancang desain skenario pembelajaran. Tahap validitas desain bentuk kegiatan berupa uji validasi oleh ahli materi dan praktisi. Tahap revisi produk bentuk kegiatan berupa perbaikan produk sesuai saran ahli materi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Aspek yang dinilai dalam angket yaitu aspek kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan materi skenario pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan cara mencari rerata nilai dan presentase dari hasil penilaian angket berdasarkan skala likert. Rerata nilai yang diperoleh dari ahli materi dan praktisi yaitu 4,50 dan 4,60 dengan presentasi 90% dan 92%. Penilaian angket tersebut menunjukkan simpulan bahwa produk skenario pembelajaran cerpen menggunakan model discovery learning sangat layak untuk dikembangkan. Dengan demikian, produk skenario pembelajaran cerpen menggunakan model discovery learning di SMA kelas XI layak digunakan sebagai salah satu perangkat pembelajaran. Kata kunci: skenario pembelajaran, cerpen, discovery learning.