PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA PENDEK DI SMA KELAS XI
Main Author: | TIARA PUTRI ARPALA , 1613041015 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64055/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64055/3/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64055/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64055/ |
Daftar Isi:
- Media pembelajaran berperan penting dalam menjadikan suatu proses pembelajaran berlangsung secara efektif, menarik, dan efesien. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif, yaitu berupa media audio visual berbasis powtoon yang layak dan efektif digunakan untuk pembelajaran teks cerita pendek di SMA kelas XI sebagai media pembelajaran di sekolah. Media pembelajaran ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran secara individu maupun kelompok dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran pada KD 3.9 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam kumpulan cerita pendek dan KD 4.9 Mengkontruksi sebuah cerita pendek dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun cerita pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang terdiri dari lima tahapan yaitu (1) identifikasi potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain. Teknik pengambilan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan angket. Data kuantitatif dan kualitatif dianalisis menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini berupa media audio visual berbasis powtoon berdurasi 16 menit 10 detik yang terdiri dari 54 tayangan. Media audio visual berbasis powtoon dikembangkan melalui lima tahapan dan layak digunakan dalam pembelajaran teks cerita pendek untuk siswa kelas XI SMA. Kelayakan media audio visual berbasis powtoon berdasarkan hasil validasi materi terhadap aspek pembelajaran diperoleh skor rata rata 3,88 dan rerata persentase 77,64% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi media terhadap aspek pemograman diperoleh skor rata rata 3,66 dan rerata persentase 77,33% dengan kategori layak. Hasil validasi praktisi diperoleh skor rata rata 4,81 dan rerata persentase 96,36% dengan kategori sangat layak. Kata kunci: media pembelajaran, media audio visual berbasis powtoon, teks cerita pendek.