Pengaruh Usability dan Kepuasan Dalam Membangun Loyalitas dan Positif Words of Mouth atas Pengguna Aplikasi RedDoorz di Bandar Lampung
Main Author: | Arih Lindriarto, 1621011040 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64033/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64033/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64033/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64033/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan kemajuan teknologi informasi dimanfaatkan dalam bidang pemesanan kamar secara online dan dimanfaatkan oleh strategi bisnis yang berbasis teknologi di sektor perhotelan dengan membuat aplikasi VHO (virtual hotel operator). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh usability terhadap kepuasan dalam membangun Loyalitas dan positif word of mouth. Sampel penelitian ini sebanyak 200 orang dan data diperoleh dengan menyebar kuesioner secara online. Alat analisis yang digunakan adalah structural equation model dan pengolahan datanya dengan bantuan software Lisrel. Hasil penelitian pengaruh variabel usability terhadap kepuasan sebesar 18,0%. Artinya apabila RedDoorz ingin meningkatkan kepuasan pengguna RedDoorz harus mampu mempermudah konsumen dalam menggunakan layanan fitur-fitur yang terdapat pada RedDoorz. Pengaruh usability terhadap loyalitas dimediasi oleh variabel kepuasan berdasarkan perhitungan relatif besar yaitu 26,0%. Pengaruh yang besar ini mengindikasikan bahwa variabel kepuasan penting untuk ditingkatkan oleh RedDoorz agar loyalitas pengguna layanan RedDoorz juga meningkat. Pengaruh usability terhadap WOM dimediasi oleh variabel kepuasan berdasarkan perhitungan tidak terlalu besar yaitu 16,0%. Hasil ini mengindikasikan bahwa apabila konsumen merasa puas maka perilaku yang dilakukan adalah merekomendasikan dan menceritakan hal-hal positif setelah menerima layanan. Pengaruh loyalitas terhadap terhadap positif WOM sebesar 60,0%. Hasil penelitian ini sesuai dengan konsep teori yang menyatakan bahwa seseorang setelah menerima kemudahan layanan maka perilaku berikutnya yang bersangkutan akan puas dan perilaku lanjutan dari puas selain loyalitas adalah positif word of mouth. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah RedDoorz perlu memperbaiki fitur-fitur RedDoorz agar mudah digunakan. Perbaikan ini dapat dilakukan dengan memperbaiki tampilan situs dengn mempebesar huruf sehingga kelompok umur tertentu dapat dengan mudah menggunakannya. Peningkatan kemampuan operator layanan RedDoorz sehingga kecepatan layanan dapat ditingkatkan dengan cara pelatihan atau kunjungan petugas ke unit-unit layanan RedDoorz untuk melatih dan menginformasikan hal-hal yang baru mengenai layanan RedDoorz Kata Kunci : kepuasan, usability, loyalitas dan word of mouth ABSTRACT The development of information technology advances have been utilized in the field of booking rooms online and utilized technology-based strategy in the hotel sector by creating a VHO (virtual hotel operator) application. This study aims to determine the effect of usability on satisfaction in building loyalty and positive word of mouth. The research sample of 200 people and data obtained by distributing questionnaires online. The analytical tool used is the structural equation model and data processing using Lisrel software. The results of this study the effect of usability variables on satisfaction by 18.0%. This means that if RedDoorz wants to increase customer satisfaction RedDoorz must be able to facilitate consumers in using the service features found on RedDoorz. The effect of usability on loyalty is mediated by the variable satisfaction based on a relatively large calculation that is 26.0%. This large influence indicates that the satisfaction variable is important to be improved by RedDoorz so that the loyalty of RedDoorz service customers also increases. The effect of usability on WOM is mediated by the satisfaction variable based on the calculation which is not too large, namely 16.0%. These results indicate that if consumers are satisfied, the behaviour carried out is to recommend and tell positive things after receiving service. The influence of loyalty towards positive WOM is 60.0%. The results of this study are in accordance with the concept of a theory which states that after receiving ease of service, the next behaviour in question will be satisfied and the continued behaviour of satisfaction other than loyalty is positive word of mouth. The implication of the results of this study is that RedDoorz needs to improve RedDoorz's features so that it is easy to use. This improvement can be done by improving the appearance of the site by enlarging the letters so that certain age groups can easily use it. Enhancing the capabilities of RedDoorz service operators so that the speed of service can be increased by training or visiting staff to RedDoorz service units to train and inform new things about RedDoorz services Keywords: satisfaction, usability, loyalty and word of mouth