EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Main Author: | HILNA DIANA SAHAYA, 1613023045 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64020/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64020/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64020/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64020/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul dalam meningkatkan keterampilan berpi-kir tingkat tinggi pada materi kesetimbangan kimia. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching-only pretest-postest control group design dan teknik pengambilan sampel meng-gunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu, seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 6 sebagai kelas kontrol. Pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul dilakukan pada kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai n-gain keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada kelas pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul sebesar 0,78 berkriteria tinggi, sedangkan pada kelas pembelajaran menggunakan metode ceramah sebesar 0, 58 berkriteria sedang. Hasil uji t menunjukkan n-gain pada kelas yang diterapkan pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul lebih tinggi secara signifikan daripada pembelajaran menggunakan metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa