PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DI MADRASAH IBTIDAIYAH MASYARIQUL ANWAR (MIMA) 7 LABUHAN RATU BANDAR LAMPUNG
Main Author: | ATIKA LUTHFI DWI WANDA, 1413043008 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/64014/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/64014/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/64014/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/64014/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran tari Bedana menggunakan metode picture and picture di MIMA 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan untuk membedah penelitian ini adalah teori pembelajaran behavioristik. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang mengikuti pembelajaran ekstrakurikuler tari di MIMA 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta lembar non-test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan langkah dari pembelajaran menggunakan metode picture and picture sendiri ciri khas dari metode ini adalah penggunaan gambar sebagai media dalam membelajarkan tarian. Guru memberikan pose gambar setiap hitungan yang berisi ragam gerak kemudian siswa akan menyusun dan mempraktikkan ragam gerak dari pose gambar tersebut. Terdapat dua aspek yang menjadi fokus penilaian yakni kemampuan mengurutkan gerak dan mempraktikkan gerak dari potongan gambar yang telah dibagikan di setiap pertemuannya dengan materi 9 ragam gerak tari Bedana, hasilnya rata-rata siswa baik sekali dalam kegiatan pembelajaran baik dalam aspek mengurutkan gambar maupun menghafal dan menirukan ragam gerak. Kata kunci: pembelajaran, picture and picture, tari Bedana. This study aims to describe the process and learning outcomes of learning bedana dance by using the picture and picture method at MIMA 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. This study uses descriptive qualitative approach. Behaviorism theory was used in this study to observed the learning process of bedana dance. The data sources in this study were teachers and students who took dance extracurricular learning at MIMA 7 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Data collection techniques in this study were observation, interviews, and documentation as well as non-test sheets. The technical data analysis used is data reduction, data presentation, data verification, and conclusion. Based on the steps of learning using the picture and picture method itself the distinctive feature of this method is the use of images as a medium for learning dance. The teacher gives a piece of the picture that contains a variety of motions and the student will arrange and practice the various motions of the drawing pieces. There are two aspects that are the focus of the assessment, namely the ability to sort the motion and practice the movements of the pieces that have been distributed in each meeting with the material 9 variety of Bedana dance moves, and the results of the average student are very good in learning activities both in the aspect of drawing and memorizing and also imitating the variety motion. Keywords: learning, picture and picture, bedana dance