PEMANFAATAN LATIHAN TEKNIK GERAK TARI TERHADAP PENAMPILAN TARI MULI SIGER DI MTS NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Main Author: SAVITRI FEBRINA, 1513043030
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/64006/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64006/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64006/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/64006/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil dari pemanfaatan latihan teknik gerak terhadap penampilan tari muli siger pada ekstrakurikuler tari di MTs negeri 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teori behaviorisme yang menekankan pada stimulus dan respon untuk melihat perubahan pada siswa dan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Proses pembelajaran gerak tari muli siger pada penelitian, meliputi latihan teknik tari yang menggunakan teknik pengajaran latihan peniruan. Penelitian ini diikuti oleh enam peserta didik dalam enam kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari pembelajaran tari muli siger dengan memanfaatkan latihan teknik gerak di MTs 1 Bandar Lampung memperoleh nilai rata-rata 85 dengan kriteria baik sekali. Nilai tertinggi yang didapatkan siswa yaitu 95 dan nilai terendah mendapatkan hasil 75. Namun untuk kekompakan gerak, belum di dapatkan dalam pembelajaran ini, dikarenakan proses pembelajaran baru berlangsung selama enam kali pertemuan. Kata kunci: Pemanfaatan, Latihan Teknik Gerak, Tari Muli Siger This study aims to describe the process and results of the use of motion engineering exercises on the performance of the muli siger dance on dance extracurricular at MTs Negeri 1 Bandar Lampung. This study uses behaviorism theory that emphasizes stimulus and response to see changes in students and this research is a qualitative study. The process of learning the motion of muli siger dance in research, including dance technique exercises using imitation training teaching techniques. This study was followed by six students in six meetings. Data collection techniques in this study used observation, interviews and documentation. The results of learning the Muli Siger dance by utilizing motion engineering exercises in MTs 1 Bandar Lampung obtained an average value of 85 with excellent criteria. The highest score obtained by students is 95 and the lowest score is 75. But for the compactness of motion, it has not been obtained in this study, because the learning process only lasts for six meetings. Keywords: Utilization, Motion Engineering Training, Muli Siger Dance