HUBUNGAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI GUGUS DOKTER WAHIDIN SUDIROHUSODO KECAMATAN METRO BARAT
Main Author: | APRILIANA PUSPA ANDHANI, 1513053187 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63996/1/Abstrak.pdf http://digilib.unila.ac.id/63996/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63996/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63996/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah kurang maksimalnya pemanfaatan sumber belajar dalam pembelajaran, rendahnya motivasi belajar, dan rendahnya hasil belajar tematik peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan dan positif antara pemanfaatan sumber belajar dengan hasil belajar tematik, motivasi belajar dengan hasil belajar tematik, pemanfaatan sumber belajar dengan motivasi belajar, serta pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian ini, yaitu ex-post facto korelasi dengan populasi berjumlah 165 orang peserta didik, pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan diperoleh 66 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar tematik peserta didik baik secara mandiri atau kerjasama. Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar, sumber belajar ABSTRACT The problem of this research is the lack of maximum utilization of learning resources in learning, low motivation to learn, and low thematic learning results of students. This research aims to know about the significant and positive relationship between the use of learning resources with thematic learning results, learning motivation with thematic learning results, the use of learning resources with learning motivation, and the use of learning resources and learning motivation towards thematic learning results. The method of this research was ex-post facto correlation with a population are 165 students, sampling technical of the sample in this research was proportionate stratified random sampling and obtained 66 students. Data collection techniques using observation, questionnaires, and study documentation. The results showing that correlation significant and positive between the use of learning resources and learning motivation towards the thematic learning results of students either independently or in collaboration. Keywords: learning motivation, learning resources, learning results