KEMAMPUAN SISWA MENGUNAKAN KIPAS DALAM PEMBELAJARAN TARI MULI BEKIPAS PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG
Main Author: | SUSANTI , 1413043040 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63991/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63991/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63991/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63991/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa menggunakan kipas dalam pembelajaran tari Muli Bekipas pada kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa menggunakan kipas dalam pembelajaran tari Muli Bekipas. Teori yang digunakan dalam penelitian yaitu teori behavioristik. Sumber data dalam penelitian ini yakni guru, pencipta tari, dan 6 siswi yang mengikuti kegiatan ekstrkuriuler tari di SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Instrumen penelitian terdapat lembar pengamatan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Data dari penilaian setiap proses memperlihatkan bahwa siswa mampu menggunakan kipas dalam pembelajaran tari Muli Bekipas. Proses penilaian kemampun siswa menggunakan kipas diakukan selama 6 kali pertemuan. Beberapa aspek yang menjadi fokus penilaian yang digunakan yaitu kemampuan siswa mengepakkan, mengukel, mengayun, memadukan aspek dimensi dan menggunakan kipas secara maksimal. Kata kunci: Kemampuan, Kipas, Pembelajaran The problem in this study is how the ability of students to use fans in the learning of Muli Bekipas dance in extracurricular activities at SMP Negeri 7 Bandar Lampung. This study aims to describe the ability of students to use fans in the learning of Muli Bekipas dance. The data sources in this study were the teacher, the creator of the dance, and 6 students who participated in dance extracurricular activities at SMP Negeri 7 Bandar Lampung. The research instrument contained student observation sheets. The theory used in research is behavioristic theory. This type of research are observation, interviews, documentation, data analysis including reduction, data presentation, and conclusions. Data from the assessment of each process shows that students are able to use fans in learning to dance with Muli Bekipas. The process of evaluating the ability of students using a fan was done during 6 meetings. Some aspects that are the focus of the assessment used are the ability of students to flap, swab, sway, integrate aspects of dimensions and use the fan to its full potential Keywords : The ability, Fan, Learning