ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK PADA AGROINDUSTRI KOPI BUBUK CAP GUNUNG DI KABUPATEN WAY KANAN
Main Author: | RAGIL CRYSANTI WIRYANINGSIH , 1614131090 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS PERTANIAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63990/4/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63990/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63990/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63990/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menghitung nilai tambah agroindustri kopi Cap Gunung, dan menganalisa strategi pengembangan produk agroindustri kopi Cap Gunung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Metode analisis yang digunakan adalah Metode Hayami dan Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threats (SWOT). Berdasarkan perhitungan, diperoleh hasil sebesar Rp12.981/kg dengan rasio nilai tambah 31,82%. Berdasarkan hasil analisis SWOT diketahui bahwa nilai faktor internal dan eksternal masing-masing sebesar 78,8 dan 64,9. Nilai tersebut menempatkan agroindustri kopi bubuk cap gunung berada pada kuadran I, atau pada posisi Strength-Opportunity (SO). Adapun strategi prioritas yang dapat dijalankan adalah memperluas daerah pemasaran, meningkatkan hasil produksi, dan mengembangkan usaha dengan memanfaatkan kekuatan yang dimiliki. Kata kunci : analisis SWOT, metode Hayami, nilai tambah, strategi pengembangan. This study aims to analyze and calculate the added value of Cap Gunung coffee powder agro-industry, and arrange the development strategy of Cap Gunung coffee powder agro-industry products. The method that used in this research is a case study. Therefore, the analytical method that used is the Hayami Method and Strength, Weakness, Opportunity, Threats(SWOT) Analysis. Based on the calculation of the value added is Rp12,981/ kg with a value added ratio is 31.82%. Furthermore, results of the SWOT analysis show that the values of internal and external factors are 78.8 and 64.9. This value indicate that the Cap Gunung coffee powder agro-industry in quadrant I, or in theStrength-Opportunity(SO) strategy. The priority strategy that can be implemented is to expand the marketing area, increase production output, and develop businesses by utilizing their strengths. Keywords:added value, development strategy, Hayami method, and SWOT analysis.