EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PQ4R DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA

Main Author: Rinika Dwiyanti, 1613021005
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63984/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63984/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63984/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63984/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PQ4R ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self efficacy siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 36 Bandarlampung tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII D yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir reflektif dan skala self efficacy. Dengan menggunakan uji-t dan uji proporsi, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran PQ4R efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis tetapi tidak efektif ditinjau dari self efficacy siswa.