PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Author: ASTRIYANI MURDHA NINGSIH, 1613053020
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63942/1/1.%20ASBTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63942/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63942/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63942/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan menulis dan berbicara peserta didik pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flashcard terhadap keterampilan menulis dan berbicara peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Equivalent Control Grup Design. Populasi berjumlah 90 peserta didik.Teknik Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel berjumlah 60 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus keberartian taraf signifikan diperoleh data Fhitung = 26,776 (keterampilan menulis) dan Fhitung = 60,362 (keterampilan berbicara) dengan Ftabel 1,89 berarti Fhitung > Ftabel maka Ha diterima. Kata Kunci: flashcard, keterampilan berbicara, menulis.