KEMAMPUAN GERAK SISWA MENARI MELINTING PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

Main Author: Widya Atmi Anggraeni, 1613043005
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63935/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63935/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63935/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63935/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang kemampuan gerak tari melinting oleh siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung. Masalah dalam penelitian ini dalam pengamatan awal berupa masih rendahnya kemampuaan gerak tari yang dimiliki oleh siswa, terutama pada teknik geraknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan gerak tari Melinting oleh siswa SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung. Desain penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah lima siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni tari pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada sembilan ragam gerak tari Melinting oleh siswa SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung yaitu tergolong baik dengan skor rata-rata 81 rincian pengamatan berdasarkan pada teknik gerak tari yang meliputi posisi tangan, kaki dan penguasaan peroperti. Di sisi lain, pengamatan ini didukung pula dengan hafalan urutan gerak yaitu tergolong baik dengan skor 84 dan ketepatan gerak tari terhadap musik yang mendapatkan kriteria cukup dengan skor rata-rata 72. Informasi ini semakin melengkapi hasil pengamatan bahwa kemampuan gerak tari Melinting oleh siswa pada kegiatan ekstrakurikuler di SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung tergolong cukup. Kata kunci : gerak tari, kemampuan, tari Melinting. This research describes the ability of the Melinting dance motion by students in dance extracurricular activities at Al-Azhar 1 Bandar Lampung Elementary School. The problem of this research was in the preliminary observation that the ability of Melinting Dance by students was still low especially in dance movement techniques. This research aimed to describe the ability of Melinting Dance by Students at SD AlAzhar 1. The research design used descriptive method which used the qualitative approach. The data was from five students who joined the dance extracurricular in the academic year of 2019/2020. The data collecting technique was from observation, interview, and documentation. Based on the result of nine varieties of Melinting dance moves by the students of SD Al-Azhar 1 that was sufficient with an average score of 81 in details of observation based on the dance movement techniques which hands and feet position, and property control. Besides, this research was also supported by memorization of sequences movement which relatively good with a score 84 and the accuracy of dance moves towards the music get sufficient criteria with a score 72. Therefore, this information complements the result of observation that the ability of Melinting Dance by the students in extracurricular activities at SD Al-Azhar was quite sufficient. Keywords: ability, dance motion, Melinting dance.