FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN PENETAPAN ALOKASI ANGGARAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI: STUDI PADA PEMERINTAH PROVINSI LAMPUNG
Main Author: | ERYA NOUR SEPTIANY, 1821011030 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63923/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63923/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63923/3/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63923/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor penentu kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) pada Pemerintah Daerah Provinsi Lampung. Faktor yang dianggap menentukan kualitas laporan keuangan adalah faktor penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, pemanfaatan Teknologi Informasi dan kompetensi Sumber Daya Manusia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan cara membagikan kuesioner kepada pejabat dan pegawai penatausahaan keuangan dan asset di 34 SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan 15 BPPKAD Kabupaten dan Kota se Provinsi Lampung sebagai objek penelitian dengan menggunakan Partial Least Squares (PLS) sebagai metode analisis data dengan bantuan program statistik SmartPLS dan SPSS untuk analisis deskriptifnya. Ukuran kualitas atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah secara formal ditunjukkan dengan perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK-RI. Dalam Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester yang diterbitkan BPK-RI, terdapat temuan berupa kelemahan Sistem Pengendalian Internal dan ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Diduga terdapat faktor lain yang memoderasi faktor penentu diatas sehingga tercapai laporan keuangan Pemerintah Daerah yang berkualitas yaitu faktor penetapan alokasi anggaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), pemanfaatan Teknologi Informasi (TI), kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan penetapan alokasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Provinsi Lampung. Penetapan alokasi anggaran sebagai variabel moderasi mampu memperkuat pengaruh pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) dan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap kualitas laporan keuangan. Disisi lain, Penetapan alokasi anggaran tidak mampu memperkuat pengaruh penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Provinsi Lampung. Kata Kunci: Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Standar Akuntansi Pemerintahan, Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, Teknologi Informasi, Alokasi Anggaran ABSTRACT The aim of this study was to analyze determinant factor of local Government financial statements quality. The factors include application of government accounting standards and government internal control system, utilization of information technology and human resources competence. This is a quantitative study by distributing questionnaires to financial and asset administration officials and employees in 34 work units in local government and 15 Regency and City of Lampung Province using Partial Least Squares (PLS) as a method of data analysis with the help of SmartPLS statistical program and SPSS for the description analysis. Measuring the quality of Local Government Financial Statements formally was shown by fair opinion from The Audit Board of Indonesia (BPK-RI). This study found weaknesses in the Internal Control System and non-compliance with laws and regulations. It is assumed that other factors moderate the aforementioned determinants so that the quality Regional Government financial report is accomplished, namely the determination of budget allocation factor. The results showed that in the partial application of Government accounting Standards (SAP), implementation of government internal control system (SPIP), utilization of Information Technology (IT), Human Resources Competency (HR) and determination of budget allocation have significant effect on the quality of financial report of Lampung provincial government. The determination of budget allocation as a moderation variable is able to strengthen the influence of the utilization of Information Technology (IT) and Human Resources Competency (SDM) on the quality of financial statements. On the other hand, determination of budget allocation is not able to strengthen the influence of implementation of Government accounting standard (SAP) and implementation of government internal control system (SPIP) to the quality of financial report of Lampung provincial government. Key Words: Government financial statements quality, government accounting standards, government internal control system, information technology, budget allocation