EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | DESAK AFRIANI, 1513021037 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63918/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf http://digilib.unila.ac.id/63918/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63918/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63918/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandarlampung semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Analisis data menggunakan taraf signifikan 0,05. Hasil Analisis uji Mann Whitney U menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dan proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis terkateori baik lebih dari 60% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matemais siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Komunikasi Matematis