EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pringsewu Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)

Main Author: AYUSTIKA WIDIANTI, 1613021011
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63908/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63908/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63908/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63908/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pringsewu semester genap tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 192 siswa yang terdistribusi dalam enam kelas. Melalui teknik cluster random sampling, terpilihlah kelas VII 2 sebanyak 32 siswa dan VII 3 sebanyak 32 siswa sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan the randomized pretest posttest control group design. Data penelitian berupa skor kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh melalui tes uraian pada materi Aritmatika Sosial. Analisis data menggunakan uji-t^' dan uji proporsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TSTS efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.