ANALISIS PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI DAN MANAJEMEN WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA DI PROVINSI LAMPUNG (Studi pada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung)

Main Author: DIMAS BILLI BUDIARTO , 1616041043
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63897/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63897/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63897/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63897/
Daftar Isi:
  • Informasi merupakan salah satu hal penting dan menjadi bagian kebutuhan yang diperlukan oleh setiap orang. Dalam meningkatkan perkembangan pariwisata di Lampung Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung melakukan upaya promosi melalui sebuah sistem informasi dan manajemen berbasis website. Adanya informasi tentang pariwisata Lampung di website tersebut mempermudahkan masyarakat yang berada di Lampung maupun di luarnya untuk mendapatkan informasi tentang hal tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi baik faktor penfukung dan penghambat dalam proses pengelolaan sistem informasi dan manajemen website sebagai media promosi di Provinsi Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Reduksi Data dan Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui melalui 5 aspek yang digunakan dalam melihat pengelolaan sim-website yaitu aspek audience, aspek content, aspek interactivity, aspek usabillity, dan aspek inovation. Pengelolaan website sebagai media promosi pariwisata yang dilakukan di Disparekraf Provinsi Lampung sudah memenuhi beberapa aspek dan dalam tahap pengembangan. Hal tersebut didukung oleh tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan adanya keberagaman Informasi yang digunakan sebagai konten website agar informasi yang disampaikan dapat bermanfaat kepada masyarakat. Kata Kunci : Pengelolaan, SIM-Website, E-Government, Pariwisata Information is one of the important things and become part of the needs needed by everyone. In enhancing the development of tourism in Lampung, the Department of Tourism and Creative Economy of Lampung Province is conducting promotional efforts through a website-base information and management system. The existence of information about Lampung tourism on the website to facilitate for people in Lampung and beyond to get information about it. The method uses in this study is a type of descriptive research with a qualitative approach. This study aims to determine the factors that influence both supporting and inhibiting factors in the process of managing information systems and website management as a promotional media in Lampung Province. Data collection techniques in this study is to use observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques using data reduction and data presentation, and drawing conclusions. Base on result of the study, it is known through 5 aspects that are used in viewing the management of sim-websites, namely the audience aspect, the content aspect, the interactivity aspect, the usabillity aspect, and the innovation aspect. Website management as a tourism promotion media carried out in Disparekraf has fulfilled several aspects and is in the development stage. This is supported by the availability of adequate facilities and infrastructure and the diversity of information used as website content so that the information conveyed can be useful to the public. Keywords : Management, SIM-Website, E-Government, Tourism