EFEKTIVITAS MODEL RECIPROCAL TEACHING DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2019/2020)

Main Author: Rahmayasni Oktarini, 1613021024
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KIP , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63876/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63876/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63876/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63876/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model reciprocal teaching ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bandarlampung tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebanyak 29 siswa dan VIII-3 sebanyak 30 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan skala self-concept siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa yang mengikuti reciprocal teaching lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Persentase siswa yang memiliki kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept terkategori baik pada kelas yang menggunakan reciprocal teaching lebih dari 60% dari jumlah siswa. Dengan demikian, model reciprocal teaching efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif matematis dan self-concept siswa. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Self-Concept, Reciprocal Teaching