PENGEMBANGAN LKPD MATERI AJAR KEPENYIMBANGAN ADAT LAMPUNG BERBASIS DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA LAMPUNG UNTUK SISWA SMP KELAS IX

Main Author: NUR HAIDAWATI, 1723045002
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63854/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63854/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63854/3/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63854/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengembangan LKPD materi kepenyimbangan adat Lampung berbasis discovery learning. Tujuan penelitian yakni menghasilkan produk bahan ajar, mendeskripsikan kelayakan produk bahan ajar, dan menguji efektivitas bahan ajar berupa “LKPD Materi Kepenyimbangan Adat Lampung”. Metode penelitian menggunakan tujuh langkah dalam prosedur penelitian R&D menurut Borg and Gall. Ketujuh langkah tersebut ialah 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data kebutuhan; 3) pengembangan dan perancangan produk awal; 4) evaluasi produk oleh validator ahli; 5) revisi rancangan produk hasil validasi; 6) uji coba produk pada teman sejawat, kelas kecil dan revisi dilanjutkan uji coba lebih luas; 7) revisi produk LKPD yang siap diuji efektivitasnya. Teknis pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan penyebaran instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berhasil dikembangkan bahan ajar berupa “LKPD Materi Ajar Kepenyimbangan Adat Lampung”, 2) kelayakan LKPD dinyatakan “sangat layak” sesuai dengan hasil presentase penilaian oleh ahli materi (94,8), ahli media (91,6), dan praktisi (95,1), dan 3) lembar kegiatan peserta didik efektif meningkatkan kemampuan memahami dan menyusun teks kepenyimbangan pada masing masing sekolah dengan nilai N-gain sebesar (0,46), (0,48), dan (0,45) dan termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: LKPD, kepenyimbangan adat Lampung, discovery learning