EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | NADIA ULFA AULIA, 1653021008 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63853/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63853/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63853/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63853/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan representasi metamatis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Bandarlampung semester genap tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 275 siswa dan terdistribusi dalam 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih 2 kelas sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan pretest- posttest control group design. Data kemampuan representasi matematis berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes berbentuk uraian pada materi Aritmatika Sosial. Analisis data penelitian menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian, model problem based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: kemampuan representasi matematis, problem based learning