PENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEKS BERITA BERBASIS KARYAWISATA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

Main Author: BAYU ANDIKA , 1523041016
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63847/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63847/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63847/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63847/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran menulis teks berita berbasis karyawisata dan menguji kelayakannya dalam pembelajaran menulis teks berita berbasis karyawisata untuk siswa SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan melalui model Borg dan Gall. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) penelitian pendahuluan, (2) pengembangan materi modul, dan (3) produk atau hasil modul. Sumber data pada uji coba lapangan dilakukan di tiga sekolah, yakni di SMP Negeri 1 Ngaras, SMP Negeri 2 Ngaras, dan SMP Negeri 3 Bengkunat Belimbing. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kualitatif. Hasil penelitian ini dapat menyimpulkan “Modul Menulis Teks Berita Berdasarkan Pendekatan Proses Berbasis Karyawisata” dinyatakan layak digunakan oleh siswa SMP. Hasil uji kelayakan di tiga sekolah, baik uji kelayakan terbatas maupun uji kelayakan luas didapat rerata 90,4% dengan rincian: penilaian oleh guru sebesar 95% dan siswa sebesar (85,8%). Kata kunci : kelayakan, modul,karyawisata. Aim of this research is developing learning module for writing text-based news on tourism works and teach their feasibility in learning write news texts based on tourism work for junior high school students. This research uses development through the Borg and Gall model. The procedures performed in this research are (1) preliminary research, (2) module development material, and (3) product or module results. Data sources in the field trials were carried out in three schools, SMP Ngaras 1, SMP Negeri 2 Ngaras, and SMP Negeri 3 Bengkunat Belimbing. Data analysis techniques was carried out in a qualitative way. The results of this research can conclude "Writing Text News Module Based on the Process Based on Tourism Work Approaches" was declared appropriate for use by SMP students. The feasibility of the results tests in three schools, both limited and feasibility tests of the trials average of 90.4% with the following: the answers by the teacher 95% and students (85.8%). Keywords: appropriateness, modules, field trips.