PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)

Main Author: TRI NOVIYANTI , 1613021052
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63845/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63845/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63845/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63845/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 19 Bandarlampung yang terdistribusi ke dalam 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 342 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan VII D yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah the randomized pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis siswaberupa soal uraian pada materi perbandingan.Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas REACT lebih tinggi daripada kelas konvensional.Dengan demikian, startegi pembelajaran REACT berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Pengaruh, Strategi Pembelajaran REACT