EFEKTIVITAS PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020)

Main Author: YULIA DWI PURWANINGTYAS , 1613021008
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63844/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63844/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63844/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63844/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi metakognitif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII (kecuali kelas unggulan)SMP Negeri 2 Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 142 siswa yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII9 sebanyak 28 siswa dan VIII10 sebanyak 27 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah the pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U didapat bahwa peningkatan (gain) kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi metakognitif lebih tinggi daripada peningkatan (gain) kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkanhasil uji proporsi dengan uji Tanda Binomial didapat bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan representasi matematis terkategori baik pada kelas yang mengikuti pembelajaran strategi metakognitiflebih dari 60%.Dengan demikian, pembelajaran dengan strategi metakognitif efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: representasi matematis, efektivitas, strategi metakognitif