EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Main Author: | MUTIARA SARI, 1613023049 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63831/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63831/7/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63831/8/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63831/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di MAN 1 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan didapatkan kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 5 yang diterapkan model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul dan kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 6 yang diterapkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan the matching-only pretest-postest control grup design. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan n-gain rata-rata keterampilan proses sains (KPS) siswa di kelas yang menggunakan pembelajaran discovery sebesar 0,76 berkriteria tinggi, sedangkan n-gain rata-rata KPS siswa di kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 0,54 berkriteria sedang. Hasil uji t menunjukkan terdapat perbedaan n-gain rata-rata KPS kelas yang menggunakan pembelajaran discovery lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi kesetimbangan kimia.