PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | SABILA ZUWIASTARI, 1613021007 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63828/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63828/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63828/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63828/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 21 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII E dan VII F yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes uraian pada materi aritmetika sosial. Analisis data dilakukan menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe think pair share lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, pembelajaran Think Pair Share berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan komunikasi matematis, pengaruh, think pair share