PENGEMBANGAN ON GOING ASSESSMENT PADA MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI, BERPIKIR KRITIS, DAN KREATIF SISWA

Main Author: Haditya Aprita Lora, 1823022010
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63825/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63825/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63825/3/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63825/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ongoing assessment pada model Argument Driven Inquiry (ADI) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan argumentasi, berpikir kritis, dan kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) yakni model ADDIE (Analyze, Design D evelopment, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba penelitian adalah peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung yang diambil secara cluster random sampling, yaitu peserta didik kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah dihasilkan produk ongoing assessment pada model ADI sesuai dengan indikaor untuk meningkatkan kemampuan argumentasi, berpikir kritis, dan kreatif siswa. Produk tersebut telah dinyatakan: 1) valid oleh ahli ditunjukkan dengan validasi konstruk 75,56%, validasi substansi 80,00%, dan validasi bahasa 84,44%; 2) praktis yang ditunjukkan dengan keterlaksanaan ongoing assessment 79,35%, keterlaksanaan sistem sosial 91,54%, dan keterlaksanaan prinsis reaksi 90,93%; 3) efektif yang ditunjukkan dengan N-gain kelas eksperimen 0,23 lebih tinggi dari N-gain kelas kontrol yakni 0,12. Penerapan ongoing assessment secara signifikan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol Kata kunci: kemampuan argumentasi, kemampuan berpikir kreatif, kemampuan berpikir kritis, model Argument-Driven Inquiry (ADI), ongoing assessment abstract This study aims to develop an ongoing assessment on Argument Driven Inquiry (ADI) model with valid, practical and effective to improve the ability of argumentation, critical thinking, and creativity. The method used in this research is the R&D (Research and Development) method of the ADDIE model (Analyze, Design Development, Implementation, Evaluation). The subjects of the research were students of class XII SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung taken by cluster random sampling, namely students of class XII IPA 1 as the experimental class and class XII IPA 3 as the control class. The results are ongoing assessment on the ADI model products in accordance with indicators to improve students' argumentation, critical, and creative thinking abilities. The product has been stated: 1) validation by experts is shown by construct validation 75.56%, substance validation 80.00%, and language validation 84.44%; 2) practical as indicated by the ongoing assessment of 79.35%, the implementation of the social system 91.54%, and the practical implementation of the reaction 90.93%; 3) effective as indicated by the experimental class N-gain 0.23 higher than the control class N-gain that is 0.12. The implementation of ongoing assessment was significantly higher in the experimental class than in the control class Keywords: argumentation ability, Argument-Driven Inquiry (ADI) model, creative thinking ability, critical thinking ability, ongoing assessment,