PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI THINKING MAPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Main Author: RATNA DEWI, 1723053004
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63729/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63729/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63729/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63729/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini berawal dari analisis kebutuhan pada pembelajaran, diperoleh bahwa LKPD yang digunakan belum mendukung pemahaman atas kompetensi dasar, dengan indikator pada berpikir tingkat rendah, dan model pembelajaran yang belum optimal melibatkan peserta didik aktif mengonstruksi pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk LKPD berbasis PBL dengan strategi Thinking Maps yang layak, dan mengetahui efektivitas implementasi meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yaitu penelitian dan pengembangan merujuk teori Borg & Gall. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara, Way Seputih, Lampung Tengah, Lampung. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling diperoleh sebanyak 41 peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan instrument tes bentuk objektif, yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD layak digunakan dengan validasi ahli media, ahli materi, dan praktisi, dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Berpikir kritis, LKPD, PBL, Thinking Maps abstract The problem in this study is that students are not required to think critically in the learning process. This study aims to develop work sheet based on PBL with Thinking Maps strategy and to know effectiveness of work sheet based on PBL with Thinking Maps strategy to increase critical thinking skills. This research is research dnd development refers to Borg & Gall. This research and development aims to develop work sheet based on PBL with Thinking Maps strategy that is feasible and effective in improving students’ critical thinking skill. The research method used the design of Borg & Gall. The subject in this study fith grade students of the elementary school Gugus Ki Hajar Dewantara, Way Seputih, Lampung Tengah, Lampung. The subject were 41 students with purposive sampling technique. The worksheet was validated by media expert, material expert, and practitioner. Data collector uses a valid and reliable objective test instrument. The data were analyzed by using N-Gain. The results showed that the worksheet was feasible to use and effetively improved students’ critical thinking skill. Keyword: Critical thinking skill, Worksheet, PBL, Thinking Maps