PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) DAN GENDER TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG
Main Author: | EVITA YANI, 1513024072 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63709/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63709/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63709/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63709/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Untuk mempersiapkan generasi yang mampu menghadapi tantangan global, perlu dikembangkan kecakapan-kecakapan hidup pada peserta didik. Salah satu kecakapan hidup (life skill) yang perlu dikembangkan melalui proses pendidikan adalah keterampilan argumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari penggunaan model pembelajaran ADI terhadap keterampilan argumentasi siswa; signifikansi pengaruh perbedaan gender terhadap keterampilan argumentasi siswa; dan signifikansi pengaruh interaksi antara model pembelajaran ADI dengan gender terhadap keterampilan argumentasi siswa. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain Pretest Postest Non Equivalent Control Group Design. Unit perlakuan yang digunakan adalah faktorial 2 x 2. Faktor pertama adalah model pembelajaran (ADI dan inkuiri terbimbing) dan faktor kedua adalah gender (laki-laki dan perempuan). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 19 Bandar Lampung yang berjumlah 300 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII 6 dan VIII 7 yang dipilih dari populasi dengan teknik cluster random sampling sejumlah 60 siswa. Data kuantitatif dalam penelitian adalah nilai keterampilan argumentasi siswa yang diperoleh dari nilai pretes dan postes. Sementara itu, data kualitatif diperoleh dari hasil observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan hasil analisis angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran. Data kuantitatif dianalisis secara statistik dengan uji ankova pada taraf nyata 5%. Uji lanjut dilakukan terhadap nilai pretes dan postes, yaitu dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Data keterlaksanaan sintaks pembelajaran serta data tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif dalam bentuk presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan menggunakan model ADI memiliki nilai keterampilan argumentasi (73,46 ± 8,03) yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing (58,80 ± 7,43). Siswa perempuan memperoleh nilai keterampilan argumentasi (67,86 ± 12,18) lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki (64,40 ± 8,74). Hampir seluruh sintaks pembelajaran dengan model ADI terlaksana baik pada aktivitas guru maupun aktivitas siswa. Rata-rata siswa memberikan tanggapan baik dan cukup baik terhadap pembelajaran dengan model ADI. Kata Kunci: Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI), Gender, Keterampilan Argumentasi ABSTRACT The Effects of Argument-Driven Inquiry (ADI) Learning Model and Gender on Students Argumentation Skills. This study aimed to find out the significance effect of Argument-Driven Inquiry (ADI) Learning Model, gender differences, and the interaction between learning models and gender on the students argumentation skills.The population was all students of class VIIISMP 19 Bandar Lampung City that were 300 students. The samples were students of class VIII.F dan VIII.G which were selected by cluster random sampling technique. This quasi-experimentstudy used the Pretest Posttest Non Equivalent Control Group Design. The data is taken from pre-test and post-test value by argumentation skill test in essay form. The data were statistically analyzed using Ancova test and LSD. The results showed that the learning ADI model and gender differences significantlly influenced argumentation skill with significant value of each were 0,000 dan 0,001. While interaction between the ADI model and gender differences does not have significant effect on argumentation skills with a significant value of 0,160. Keywords: argument-driven inquiry, argumentation skills, gender differences