PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020)
Main Author: | ELSI BELLA PRATIWI, 1613021049 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63690/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63690/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63690/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63690/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 298 siswa dan terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui instrumen tes berbentuk uraian pada materi aritmetika sosial. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti model problem based learning lebih tinggi daripada pembelajaran saintifik. Dengan demikian, model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Problem Based Learning