PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK
Main Author: | DINI INDAH PERMATA SARI, 1523021028 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63686/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf http://digilib.unila.ac.id/63686/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63686/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63686/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK Oleh Dini Indah Permata Sari Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD matematika berbasis pemecahan masalah (problem solving) yang valid dan efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini diawali dari studi pendahuluan, penyusunan LKPD, validasi LKPD, uji coba lapangan awal, dan uji lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri Tanjungsari Tahun Pelajaran 2019-2020. Data penelitian ini diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis siswa, setelah dilakukan uji validitas soal. Uji efektivitas ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh LKPD berbasis pemecahan masalah (problem solving) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Hasil studi pendahuluan menunjukkan dibutuhkan dikembangkannya LKPD. Penyusunan LKPD dilakukan dengan menyusun draft LKPD dan semua komponennya. LKPD matematika berbasis pemecahan masalah (problem solving)untuk materi program linier kelas XI SMK terdiri dari bagian awal, inti dan akhir. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD telah memenuhi standar kelayakan isi, media dan bahasa dalam kategori baik. Hasil uji lapangan dalam penelitian ini berupa LKPD berbasis pemecahan masalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan efektivitas pembelajaran menggunakan LKPD pemecahan masalah (Problem Solving) yang dapat dilihat dari meningkatnya kemapuan pemahaman konsep matematis siswa. Katakunci:,Pemecahan Masalah (Problem Solving), LKPD, Pemahaman Konsep. ABSTRACT THE DEVELOPMENT OF STUDENT’S WORKSHEET BASED ON PROBLEM SOLVING TO INCREASE THE ABILITY OF UNDERSTANDING MATHEMATICAL CONCEPT BY Dini Indah Permata Sari This research was a development research that aims to find out to develop the mat student’s worksheet based on problem solving that valid and effective judging from ability of mathematical Understanding Concept students. This study started from preliminary study, preparation of student’s worksheet, student’s worksheet validation, initial field trials and field test. The subject of this study was the eleventh grade students of Tanjungsari State Vocational High School 2019/2020.The data of this research was obtained through a test of understanding of mathematical concepts of students, after the validity test of the question. The effectiveness test was conducted to determine the effect of problem solving based the student’s worksheet on the ability of Understanding Concept. it results of the preliminary study indicate the need to develop LKPD. LKPD compilation is done by drafting the LKPD and all its components. Mathematical LKPD based on problem solving for program linear on class XI SMK consists of the beginning, core and end. The results of the validation show that the LKPD has met the standards of eligibility for content, media and language in a good category. The results of the field test in this study were in the form of LKPD based on problem solving to improve students' ability to understand mathematical concepts and the effectiveness of learning using problem-solving LKPD (Problem Solving) which can be seen from the ability to improve students' understanding of mathematical concepts.. Keywords:,problem solving, Student’s Worksheet, Understanding Concept