PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATERI HUKUM KIRCHHOFF
Main Author: | Kharen Riz Lambar Wati, 1613022045 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KIP
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/63682/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/63682/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/63682/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/63682/ |
Daftar Isi:
- Standar kompetensi lulusan dan standar isi pada kurikulum nasional menjelaskan prinsip pembelajaran seharusnya dapat dilakukan dimana saja dan teknologi digunakan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Pada dunia pendidikan masih dibutuhkan bahan ajar yang mendukung proses pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk multimedia interaktif hukum Kirchhoff yang valid, praktis, dan efektif guna menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan prosedur pengembangan menurut tahapan Borg and Gall (2003) yang dilaksanakan dalam empat tahapan utama, yaitu studi pendahuluan, perencanaan dan pengembangan, uji lapangan, dan diseminasi. Pada tahap pendahuluan dilakukan penelitian pendahuluan (pra survei) dan pengumpulan data. Pada tahap ini dihasilkan data tentang kebutuhan siswa dan informasi penggunaan media interaktif. Pada proses perencanaan dan pengembangan, yaitu membuat storyboard tentang media interaktif menggunakan Adobe flash CS6. Pada tahap ini dihasilkan produk awal yang valid secara teori. Sedangkan uji lapangan dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai keefektifan produk. Pada tahap ini penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Bandarlampung. Sampel diambil secara cluster random sampling data hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif valid dari segi konten dan konstruk, praktis digunakan serta menjadi solusi ketidakterlaksanaan prinsip pembelajaran, serta efektif meningkatkan kemampuan kognitif siswa.