PENGEMBANGAN MODEL COMPUTER BASED TEST-HIGHER ORDER THINKING SKILL (CBT-HOTS) PADA MATERI FLUIDA STATIS

Main Author: Diah Eka Pratiwi, 1823022014
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/63661/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63661/3/Tesis%20Full.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63661/2/Tesis%20Tanpa%20Bab%20Pembahasan.pdf
http://digilib.unila.ac.id/63661/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model CBT-HOTS yang valid secara internal maupun eksternal, reliabel dan praktis pada materi fluida statis. Pengembangan produk CBT-HOTS ini ditinjau berdasarkan tipe soal, quiz settings, question settings, ilustrasi soal dan profil HOTS siswa. Jenis penelitian ini merupakan research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Media yang digunakan dalam pengembangan model CBT-HOTS adalah wondershare quiz creator. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan model CBT yang valid dan praktis serta mampu menstimulus HOTS siswa pada materi fluida statis. Model CBT hasil pengembangan dinyatakan valid, baik secara internal maupun eksternal. Adapun temuan lain dalam penelitian ini adalah tipe soal, ilustrasi soal, quiz settings, question settings, dan profil HOTS siswa. Tipe soal fill in the blank dan matching dengan penyisipan ilustrasi soal berupa video, gambar bergerak, dan gambar statis sesuai untuk menstimulus HOTS siswa. Kemudian, desain tampilan sisa waktu dan pengumpulan jawaban (submit) setelah selesai mengerjakan seluruh soal pada quiz settings dan pemberian skor sesuai dengan tingkat kesukaran soal ditinjau dari jenjang ranah kognitif siswa sesuai untuk menstimulus HOTS siswa. Selanjutnya, profil HOTS siswa menggunakan model CBT-HOTS hasil pengembangan mengungkapkan bahwa tipe soal fill in the blank dan matching memperoleh rata-rata nilai yang sama dan dikatakan cukup baik digunakan dalam menstimulus HOTS siswa sedangkan perolehan nilai rata-rata tipe soal sequence lebih rendah dari keduanya dan dinyatakan kurang baik dalam menstimulus HOTS siswa. Diperkuat dengan hasil analisis uji statistik yang mengungkapkan bahwa adanya perbedaan antara tipe soal fill in the blank dan matching dengan tipe soal sequence. Selanjutnya, sebaran jawaban benar siswa paling banyak pada soal nomor 3 baik pada tipe soal fill in the blank, matching, maupun sequence sedangkan siswa menjawab benar paling sedikit pada soal nomor 12 dengan tipe soal fill in the blank, soal nomor 11 pada tipe soal matching, dan soal nomor 8 pada tipe soal sequence. Kata kunci : Computer Based Test, Higher Order Thinking Skill, CBT-HOTS, Fluida Statis.